Translate

Rabu, 21 September 2011

Planet dengan 2 Matahari

TEMPO Interaktif, California - Ilmuan NASA menemukan sebuah planet yang mengorbit mengelilingi dua matahari. Mereka menyebut planet unik tersebut Kepler-16b yang berjarak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut Laurance Doyle, Pemimpin Penelitian dari Lembaga Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Institute, Kepler-16b adalah planet sirkumbinari pertama yang ditemukan manusia.

Sirkumbinari adalah planet yang mengorbit dua bintang sekaligus. "Mirip Tatooine dalam film The Star Wars Saga," katanya dalam CNET, 15 September 2011. Ya, itulah planet tempat tinggal Luke Skywalker dalam film fiksi ilmiah buatan 1977. Doyle teringat salah satu adegan saat Luke memandang ke arah dua matahari di planet tersebut.

Alan Boss dari Carnegie Institution for Science Department of Terrestrial Magnetism, salah satu peneliti lainnya, menambahkan, "Mengejutkan, ini yang dulu hanya sebuah fiksi ilmiah kini menjadi kenyataan."

Dalam jurnal ilmiah Science, Kepler-16b terletak di antara konstelasi Cygnus dan Lyra. Planet ini memiliki jarak sekitar 105 juta kilometer dari dua bintang induknya dan memiliki periode orbit 229 hari.

Satu bintang yang paling besar berwarna kuning, adapun lainnya berwarna merah. Massa kedua bintang itu relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan matahari Bumi. Perbandingannya, yang paling besar hanya 69 persen dan satunya lagi seperlima dari matahari Bumi.

Lalu, adakah tanda-tanda kehidupan di sana atau bisakah planet tersebut dihuni manusia? Peneliti mengatakan kecil kemungkinan itu. Alasannya, suhu permukaan planet sangat rendah berkisar antara minus 73 sampai minus 101 derajat Celsius.

Penamaan Kepler-16b diambil dari wahana NASA, yaitu teropong Kepler setelah memantau tak kurang 155.000 bintang. Teropong Kepler adalah salah satu alat yang menjadi tumpuan untuk mewujudkan impian para astronom yang mulai mengorbit pada 7 Maret 2009 untuk mendeteksi kehidupan di luar tata surya yang rata-rata seukuran Yupiter atau Neptunus.

Klik ini untuk melihat penampakan Kepler-16b.
read more..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar